Belajar dari Pohon Pisang Oleh Ayip Ruhbi, S.Pd

WWW.BIL.SCH.ID, IWUL-- Pohon pisang merupakan salah satu jenis tumbuhan asli endemik daratan Asia Tenggara yang hampir tersebar di seluruh dunia. Pohon yang memiliki buah yang kaya akan nutrisi ini pada umumnya digemari hampir seluruh manusia karena rasanya yang manis.
 
Berbicara mengenai pohon pisang ada filosofi yang dapat dipetik makna dan pelajaran bagi seorang tenaga pendidik dimana pohon yang rata-rata hidup singkat ini jarang sekali ketika proses pertumbuhan hingga akhirnya mati menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia buah yang dihasilkannya sangat bermanfaat untuk dikonsumsi!
 
Belajar dari pohon pisang yang pantang mati sebelum berbuah dapat dipetik hikmahnya bagi seorang guru dalam mendidik tunas-tunas bangsa. Kesabaran dan keikhlasan seorang guru kelak akan berbuah manis, manakala dikemudian hari sang guru menangis melihat anak didiknya menjadi seorang yang sukses dan  berhasil atau bahkan bangga ketika profesi yang digeluti para peserta didik sama dengan yang ia geluti. 
 
Makna pohon pisang ini yang pantang menyerah sebelum berbuah tak lain mengajarkan seorang guru bahwa kerja kerasnya suatu saat nanti akan menghasilkan generasi-generasi yang unggul di masyarakat yang tak lain adalah buah yang kelak akan dipetiknya saat panen raya tiba.[]
 
*) Penulis adalah Guru Kelas II-B, SDT Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

One Day One Ayat

Rampak Bedug SDT Bina Ilmu