Jalan Sehat Muharram 1440 H di Bina Ilmu Semarak

BIL.SCH.ID, PARUNG—Menyemarakkan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu menggelar Jalan Sehat Muharram (JSM). Perhelatan untuk kali kesepuluh yang digelar Yayasan yang menaungi TK dan SD Terpadu Bina Ilmu ini mengangkat tajuk 21 Tahun Berkhidmat Membina Umat ini berlangsung Selasa, (11/9) bertepatan 1 Muharram 1440 H.

Acara gerak jalan dimulai tepat pukul 07.00 WIB dibuka secara langsung oleh Ketua PGRI Cabang Kecamatan Parung, Rahwandi, MPd yang didampingi Ketua YPU Bina Ilmu, Nurcholis dan Kepala SD Terpadu Bina Ilmu, Suprianto. Hampir seribu peserta yang terdiri dari usia taman kanak-kanak hingga lanjut usia mengikuti dengan antusias.

Setelah diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin Kepala Bidang Pendidikan YPU Bina Ilmu, H. Momon Abdur Rohman, seluruh peserta bergerak ke arah timur menuju Pasar Parung mengambil rute sejauh 3,6 kilometer melalui akses jalan SMPN 1 Parung, SDN 04 Waru dan Jalan Raya Serius, Desa Waru, kemudian kembali menuju Jl. Raya H. Mawi dan finish sekitar jam 08.15 WIB di Perguruan Bina Ilmu yang beralamat di Jalan Haji Mawi Nomor 03 Parung, Bogor, Jawa Barat.

Setelah seluruh peserta sampai di lokasi dan berteduh di bawah tenda berukuran 17x18 meter persegi panitia sudah menyiapkan serangkaian acara. Mengawali dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Andini Syawalia Hadiningtyas, siswi kelas VI SDT Bina Ilmu, penampilan Tari Daerah, Ensamble Pianika yang dipersembahkan siswa dan siswi SDT Bina Ilmu. Tak ketinggalan Grup Band Religi Remeki dari Kp. Jati Parung di bawah asuhan Helmi menghibur peserta JSM sebagai selingan pengundian doorprize.

Ketua PGRI Cabang Kecamatan Parung, Rahwandi, mengaku bersyukur dengan digelarnya gerak jalan dalam rangka tahun baru Islam. Dia mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mempererat tali silaturahmi antara pengelola pendidikan dengan orang tua dan masyarakat berlangsung meriah.

‘’Acara Jalan Sehat di SD Terpadu Bina Ilmu Parung dalam rangka menyemarakkan 1 Muharam 1440 Hijriyah sangat meriah,’’ ungkapnya.

Kepala SDN 02 Parung, menambahkan, kemeriahan itu didukung dengan doorprize yang disiapkan panitia sangat banyak sehingga membuat para peserta senang dan menyenangkan karena banyak stand bazar kuliner yang tersaji. ‘’Semoga ke depan tetap dilaksanakan dan mudah-mudahan lebih meriah lagi,’’ ucapnya penuh harap seraya mengamini.

Sementara itu, ketua pelaksana JSM, Abdul Malik, tak bisa menyembunyikan rasa syukurnya karena perhelatan menyambut tahun baru Islam di lembaga tempat dia mengabdi sebagai tenaga pendidik mendapat dukungan yang luar biasa dari semua pihak.

‘’Alhamdulillah Jalan Sehat Muharram (JSM) 1440 Hijriyah yang diselenggarakan Perguruan Bina Ilmu, dari tahun ketahun semakin semarak dan banyak sekali yang terlibat,’’ kata Malik.

Malik kemudian merinci para donator seperti Paytren, Indofood, Bank Syariah Insan Cita, Yudhistira, Komite SDT Bina Ilmu, TK Bina Ilmu, Elbama Bina Ilmu, yang mendukung terselenggaranya acara.

Malik, yang baru dua bulan bergabung sebagai guru di SDT Bina Ilmu menjelaskan, JSM yang dikomandoinya adalah miniatur perjalanan hijrah yang dilakukan Rasullullah SAW kala itu.

‘’Harapannya cuma satu, semoga Perguruan Bina Ilmu dan kita semua bisa melakukan hijrah ke arah yang lebih baik dan lebih bermanfaat untuk umat. Apapun namanya, menjadi lebih baik adalah sebuah keharusan,’’ tandasnya.[]
Naskah: Aboy Montoya
Foto-foto: Tiya Setiya

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

One Day One Ayat

Rampak Bedug SDT Bina Ilmu